Kamis, 29 Juli 2010

Kelemahan Orang Tua Dalam Memahami Anak

Sebenarnya Kali ini saya mau sharing Karena Kemarin Saya baru saja Menerima Ilmu dari Dosen-Dosen UPI (Universitas Pendidikan Bandung). Mau Berbagi Apasih si Lupi ini??? Yuks kita Lihat...

"Tahukah Bunda Sejak Anak Anda lahir mereka Memiliki jutaan Sel di Dalam Otak"

Saya Yakin Anda Pasti Tahu Kalimat Siapa di Atas..?? Yups Benar Dona Agnesia... Tapi bukan saya bertemu si Bunda Dona waktu Pelatihan Kemarin hehehehe....
Apa Yang di katakan bunda Donna ini Benar sekali... Dan Subhanallah Kecerdasan seorang anak itu berasl dari situ loh... Bahkan saat umur 0 sampai 3 tahun sel sel otak itu Dapat bekerja dengan baik jika di berikan Stimulasi yang Benar. Makanya Bunda Neno Warisman bilang itu adalah masa ke-emasan seorang anak atau GOLDEN AGE!!!



Pertanyaannya sekarang....

Kalau setiap anak yang lahir memiliki sel otak yag sama kenapa ketika tumbuh menjadi dewasa tidak Memiki Kecerdasan yang sama??
Nah ini dia problemonya....

Apakah Ada kesalahan Dalam Proses Belajar??
ATAU
Ada kesalahan Dari Pola asuh di Dalam Keluarga??

Nah begini analoginya... Satu Hari ada Berapa jam???
ya Betul 24 Jam dari 24 jam ada berapa jam kah Anak bersama Guru di Sekolah??



Hanya 3 Jam untuk Tingkat Taman kanak-kanak dan 5 jam untuk tingkat dasar dan menengah...
berarti sisanya 19 jam berada di Rumah
di kurangi waktu tidur yang Optimal 8 jam jadi 11 jam bersama Keluarga...

Dari analogi Di atas.. Maka peran Keluarga terutama Orang tua Sangatlah Penting...
Guru HanyaMembantu Anak-Anak Anda untuk Menerima Pelajaran diSekolah...
Jangan Sampai Terbalik...
Karna Banyak Yang saya lihat Orangtua/Walimurid sering menyalahkan guru Karna dianggap tidak bisa mengajar anakanya.... Padahal Orangtua itu sendiri tidak pernah ada watu untuk Anaknya....
benar,,apa benar.. bunda???



Karna Anak adalah Anak-anak dan mereka butuh Kasih sayang dari orangtuanya....
nah tetapi terdang banyak juga anak-anak yang terintimidasi.... (Seperti saya hiks....)

Apa saja si Kesalahan Bunda yang sadar maupun tak sadar telah dilakukan...



    1. Anak di pahami sebagai Orang dewasa dalam bentuk Mini (kecil). dan jika sudah dewasa anak dianggap masih kecil. anak-anak adalah Anak-anak yang punya dunia selalu ingin tahu. jangan menganggap mereka seperti orang dewasa yg sudah tahu mana yang benar mana yang salah. jangan selalu berkata TIDAK untuknya karna dampaknya sangat buruk sekali. seumur hidupnya dia tidak akan berani mengambil keputusan.. Atau jangan pernah katakan JANGAN sama besar dampaknya. Jangan pernah MENGHENTAK anak-anak bundakarena SEKALI HENTAKAN DAPAT MEMATIKAN SERATUS SEL OTAK ini yang membuat anak anda hilang kecerdasannya.. Nauzubilah... bunda yang baik adalah yg selulu memberi kecupan hangat, belaian kasih sayang, senyuman yang indah dan selalu berkata YA KAMU BISA.
    2. Anak merupakan Kekayaan (aset) Keluarga. Anak bunda adalah anak yang Merdeka buakan aset keluarga bukan hak milik anda karna Anak adalah sebuah titipan yang indah dari TUHAN. Anak harus dijaga jangan merasa karana itu anda anak anda sebebas mungkin memukul anak anda di waktu salah mencubit sampai biru ketika di nakal... bukan begitu caranya... doakan anak anda... JANGAN PELIT PUJIAN.. berilah pujian ketika dia pintar dan nasehatilah dengan lembut ketuka dia salah angkatlah supaya dia merasa tenang.
    3. Anak HARUS manut Kepada Orang tua. Nah ini yang dilakukan kebanyakan orangtua. ini di karnakan fajtor-faktor di atas. dan bunda biasanya selalu menghalalkan segala cara supaya anaknya manut. Entah di ancam " ade klo ga ngerjain PR mama tinggal" nah giman tuh?? yang ada nanti anak anda skanmenjadi seseorang yg penakut dan tidak percaya diri... karna saya pernah merasakannya... atau malah orang tua selalu mengiming-imingi supaya anaknya nurut "kakak ayo sekolah nanti bunda belikan sepatu baru" nah ini juga salah. boleh memberi hadiah kepada anak tapi janagan terlalu seringkarna akan menimbulkan sifat manja yang berlebihan. dan yang lebih parahnya lagi ada orangtua yang galak sekali jadi ketika anaknya nakal mereka tidak segan-segan melayangkan pukulan kepada anaknya.... Astagfirullah... jangan ditiru ya bunda kasihan anaknya...
    4. Anak merupakan milik mutlak orang tua.Penjelasannya Sama seperti di no.2
    5. Masa depan anak di tentukan Orang tua. Ini juga yang banyak dialamioleh orangtua.. sadarkah kita suka berkata..."pokoknya nanti anak saya harus seperti saya berbisnis ini..itu...bla..bla..bla". padahal barangkali si anak lebih suka seni tapi karna tuntutan orang tua akhirnya anak menjalani dengan setengah-setengah. sebaiknya kita tanya dulu maunya Anak kita apa?? biar nanti kita yang mendukung karana tugas orang tua memang hanya mendukung masa depan Anak bukan menentukan.
    6. Orangtua Hanya memahami anak dari aspek fisiknya saja. Pernahkah Anda Memiliki anak yang memiliki keterbatasan fisik?? kalau ya jangan sekali-kalianda menilai anak anda dengan fisiknya saja. coba pahami dia sekan-akan anda di posisinya. terima dia sayangi dia. dengan kasih sayang yangpenuh maka insaya Allah akan bertumbuh baik anak anda.
    7. Semua perilaku anak harus sesuai dengan keinginan orangtua. seperti kasus kasus di atas orang tua seharusnya hanya mendampingi mengasuh dan mengajarkan sesuai cara yang sehat dan penuh kasih sayang.
    8. Orangtua Selalu Benar. nah kalo yang ini coba anda pikirkan sendiri... "salahkah saya?? apakah saya seperti ini???"

    Jadi betapa Pentingnya Memahami anak Anda ya bunda???
    oleh karna itu jagalah baik-baik karuni TUHAN itu syukurilah apa adanya anak anda insya allah jikapola asuhnya benar maka anak anda kan menjadi anak yang berbakti, cerdas dan soleh/solekha. Amin..


    cukup sekian dulu...
    salam hangat untuk bunda-bunda hebat

    LUPI :)

    0 komentar:

    wibiya widget